Warna Ruang bagi Anak Berkebutuhan Khusus

09 Apr 2013

Warna adalah salah satu elemen interior yang tidak dapat dipisahkan. Interior untuk ruang anak sering kali didominasi dengan warna-warna yang cerah. Namun bagi anak berkebutuhan khusus dalam hal ini autis atau ADHD/hiperaktif, pemilihan warna dan penempatan yang tepat dapat memberikan dampak yang positif.

autismeAnak autis umumnya mengalami masalah dalam mengolah rangsang yang diterima oleh inderanya. Sebagian anak autis bersifat hipersensitif atau cenderung bereaksi berlebihan terhadap rangsang yang diterima. Sebaliknya anak autis yang hiposensitif memiliki sensitifitas yang sangat kurang terhadap stimulus. Ia cenderung tidak mempedulikan sekelilingnya termasuk ruang tempatnya berada. Sementara anak ADHD umumnya memiliki kesulitan dalam berkonsentrasi atau memfokuskan diri dalam menyelesaikan tugas. Mereka sangat mudah teralih perhatiannya pada hal lain disekitar mereka.

Warna untuk setiap kebutuhan

Peran warna bagi anak autis/ADHD adalah memberikan suasana yang tenang, sehinggga anak merasa nyaman beraktifitas didalamnya. Warna pink lembut, biru dan hijau menimbulkan shooting effect  dan menimbulkan suasana yang kalem serta tenang. Anak autis cenderung memiliki reaksi berbeda terhadap warna. Ada anak yang menyukai warna tertentu dan bereaksi negative terhadap warna lain. Hal ini harus dihindari. Penggunaan warna cerah asal tidak berlebihan dapat memberikan suasana khas anak-anak yang dapat menimbulkan rasa betah di ruangan. Bagi anak hiposensitif, warna cerah atau yang bernuansa hangat diperlukan untuk merangsang reaksi inderanya.

Penerapan dalam Interior

Apapun warna yang dipilih, prinsip terpenting saat menerapkannya didalam ruangan adalah menghindari kompleksitas. Salah satu masalah anak autis dan ADHD adalah mudahnya terpecah konsentrasi sehingga jangan sampai warna yang ada mengganggu konsentrasi mereka. Perpaduan warna yang terlalu kontras atau pemakaian warna yang terlalu banyak perlu dihindari, misalnya wallpaper bergaris garis dengan warna kontras atau yang bermotif rumit. Dalam desain, warna seringkali digunakan untuk memberikan penekanan pada detail-detail tertentu di ruangan. Namun untuk anak berkebutuhan khusus hal tersebut lebih baik dihindari karena detail yang berlebihan dapat mengganggu konsentrasi dan perhatian anak.

Dengan penerapan yang tepat warna tidak hanya memberi unsur estetika dalam ruang, tapi juga memberikan manfaat psikologis bagi anak berkebutuhan khusus. (SerialRumah29/12)

Leave a Comment!

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

  • happywheels